home

home
klik gambar untuk kembali ke halaman utama

Jumat, 25 Mei 2012

PENGERTIAN POPULASI KOMUNITAS EKOSISTEM

POPULASI

Populasi adalah sekelompok mahkluk hidup dengan spesies yang sama, yang hidup di suatu wilayah yang sama dalam kurun waktu yang sama pula. Misalnya semua rusa di Isle Royale membentuk suatu populasi, begitu juga dengan pohon-pohon cemara. Ahli ekologi memastikan dan menganalisa jumlah dan pertumbuhan dari populasi serta hubungan antara masing-masing spesies dan kondisi-kondisi lingkungan.

KOMUNITAS

Sebuah komunitas adalah kumpulan populasi tumbuhan dan tanaman yang hidup secara bersama di dalam suatu lingkungan. Serigala, rusa, berang-berang, pohon cemara dan pohon birch adalah beberapa populasi yang membentuk komunitas hutan di Isle Royale. Ahli ekologi mempelajari peranan masing-masing spesies yang berbeda di dalam komunitas mereka. Mereka juga mempelajari tipe komunitas lain dan bagaimana mereka berubah. Beberapa komunitas seperti hutan yang terisolasi atau padang rumput dapat diidentifikasi secara mudah, sementara yang lainnya sangat sulit untuk dipastikan.

EKOSISTEM

Sebuah ekosistem adalah level paling kompleks dari sebuah organisasi alam. Ekosistem terbentuk dari sebuah komunitas dan lingkungan abiotiknya seperti iklim, tanah, air, udara, nutrien dan energi. Ahli ekologi sistem adalah mereka yang mencoba menghubungkan bersama beberapa perbedaan aktifitas fisika dan biologi di dalam suatu lingkungan. Penelitian mereka seringkali terfokus pada aliran energi dan perputaran material-material yang ada di dalam sebuah ekosistem. Mereka biasanya menggunakan komputer yang canggih untuk membantu memahami data-data yang dikumpulkan dari penelitian di lapangan dan untuk memprediksi perkembangan yang akan terjadi.

Pengertian dari....
a. Populasi : ~> Adalah kumpulan Individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu.
b. Ekosistem: ~> Hubungan timbal balik antar mahluk hidup dengan komponen abiotik dalam satu kesatuan tempat hidup
c. Komunitas : ~>Adalah seluruh populasi mahluk hidup yang hidup di suatu daerah tertentu. Komuniatas merupakan komponen biotik dalam suatu ekosistem. Contoh: komunitas sawah, hutan, kebun dll.
d. Individu : ~> Adalah mahluk hidup tunggal. Sebagai contoh: seekor ikan, seekor kambing, manusia, sebatang pohon singkong, dll
c. Komunitas : ~>Adalah seluruh populasi mahluk hidup yang hidup di suatu daerah tertentu. Komuniatas merupakan komponen biotik dalam suatu ekosistem. Contoh: komunitas sawah, hutan, kebun dll.
d. Ekosistem: ~> Hubungan timbal balik antar mahluk hidup dengan komponen abiotik dalam satu kesatuan tempat hidup
e. Ekosistem ada beberapa macam yaitu: ~> Ekosistem alami ~> Ekosistem buatan.
f. Komponen Biotik adalah : ~> Terdiri dari semua mahluk hidup yang berada dalam suatu ekosistem. Berdasarkan peranannya komponen Biotik dikelompokkan sebagai berikut: a. Produsen, sebagai organisme yang dapat membuat makanan sendri
b. Konsumen, sebagai organisme pemakan. c. Dekomposer, sebagai organisme yang bertugas untuk merombak / menguraikan sisa-sisa mahluk hidup yang telah mati.
g. Komponen Abiotik adalah : ~> Terdiri dari semua benda tak hidup yang ada di sekitar mahluk hidup. Komponen Abiotil di kelompokkan sebagai berikut: a. Cahaya Matahari, sebagai tenaga yang utama / disebut energi primer. b. Air, sebagai zat yang mutlak diperlukan mahluk hidup c. Tanah, sebagai habitat dan sumber makanan. DLL
h. Jaring makanan adalah: ~> Kumpulan dari rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain sedemikian rupa sehingga membentuk jaring.
i. Rantai makanan adalah: ~> Peristiwa makan dan dimakan dalam urutan tertentu . perpindahan materi dan energi dari mahluk yang satu ke mahluk lainnya dengan melalui proses makan dan dimakan dengan urutan 1 arah.

3 komentar:

  1. Makasih ya info nya. berharga banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. iiiiihh makasih ya blognya bagus bangettttt,,,,makasih ya berharga bangetttt

    BalasHapus